Anggota JI Asal Malaysia Mungkin Sudah Tewas

Author : Administrator | Thursday, February 05, 2015 09:40 WIB
Seorang pejabat kepolisian Filipina menunjukkan foto Zulkifli bin Hir.

KOMPAS.com — Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat (FBI) mengatakan, uji DNA menunjukkan orang yang masuk daftar buron teroris yang paling dicari mungkin terbunuh dalam operasi kepolisian di Filipina selatan pekan lalu.

Seorang juru bicara FBI mengatakan, hasil uji sampel biologis yang diserahkan oleh Filipina menunjukkan, sampel tersebut berasal dari Zulkifli bin Hir atau dikenal dengan nama Marwan, seorang warga negara Malaysia.

Juru bicara tersebut menambahkan, uji tambahan sedang dilakukan untuk memastikan apakah buron itu sudah tewas.

Ia diketahui sebagai ahli pembuat bom dan menjadi anggota Jemaah Islamiyah (JI), kelompok yang mempunyai kaitan dengan Al Qaeda yang melancarkan serangan di Filipina.

Presiden Filipina Benigno Aquino pekan lalu mengatakan, Marwan tampaknya tewas dalam operasi di Filipina selatan pada 25 Januari lalu yang juga menewaskan 44 polisi satuan elite.

Namun, pada saat itu, Presiden mengatakan, masih diperlukan uji tambahan untuk mengukuhkan kematian Marwan.

Dilaporkan, ia adalah seorang insinyur tamatan Amerika. Pria kelahiran tahun 1966 tersebut diyakini lahir di kota Muar, negara bagian Johor, Malaysia.

FBI menawarkan hadiah 5 juta dollar AS bagi penangkapan tersangka teroris Zulkifli bin Hir yang mempunyai banyak nama alias itu.

من المقطوع: http://internasional.kompas.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared:
1