تقديم منحة الدراسية لكوادر المحمدية ()

Author : Humas | Friday, March 13, 2015 14:12 WIB
BEASISWA: Universitas Muhammadiyah Malang membuka beasiswa khusus kader Muhammadiyah dengan potongan 50% dari jumlah Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), beasiswa ini berlaku untuk memilih prodi apapun yang ada di UMM.

ADA kabar baik bagi alumni sekolah Muhammadiyah yang ingin kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Lulusan SMA/ SMK/ MA Muhammadiyah memiliki peluang memperoleh beasiswa khusus kader Muhammadiyah dengan potongan 50% dari jumlah Dana Pengembangan Pendidikan (DPP). Beasiswa ini berlaku bagi calon mahasiswa yang memilih prodi apapun di UMM.
      Rektor UMM, Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP, menuturkan kesempatan ini diberikan sebagai komitmen UMM dalam dakwah di bidang pendidikan. “Melalui beasiswa ini, diharapkan semakin banyak kader Muhammadiyah yang melanjutkan studi di perguruan tinggi, terutama di PT-PT berkualitas,” tuturnya dalam suatu kesempatan.
      Rektor menambahkan, dengan adanya kesempatan beasiswa tersebut maka sekarang sekolah-sekolah Muhammadiyah memiliki kesempatan untuk mempersiapkan diri agar murid-muridnya kelak bisa lulus tes ujian masuk UMM. Dengan demikian, sekolah bisa melakukan promosi bahwa dengan sekolah di Muhammadiyah akan memiliki peluang masuk di UMM dan memperoleh beasiswa.
      Selain beasiswa alumni Muhammadiyah, UMM juga memberikan kesempatan pada yatim piatu dan kader ulama. Keduanya diberikan kepada kader yang mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) asal calon mahasiswa. Baik beasiswa yatim piatu maupun Program Pendidikan Ulama Tarjih (PPUT) memperoleh beasiswa penuh selama studi, baik SPP maupun DPP.
      Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Dr Ir Ermanu Azizul Hakim MT mengungkapkan, untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa ini syaratnya berbeda-beda.
      “Bagi camaba dari alumni Muhammmadiyah atau bersekolah dari kelas 1-3 di sekolah Muhammadiyah, Untuk beasiswa yatim piatu,harus memperoleh rekomendasi PDM setempat, sedangkan PPUT dibuka dua tahun sekali dengan rekomendasi dan seleksi untuk masuk di jurusan Syarian dan Tarbiyah,” terangnya.
      Beasiswa lain yang menarik di UMM adalah beasiswa bagi yang memiliki saudara kandung dengan potongan DPP sesuai dengan jumlah saudara yang studi di UMM. Selain itu ada beasiswa bebas SPP semester satu untuk yang mendaftar menggunakan jalur undangan. Bagi yang menempuh jalur undangan karena prestasi akademik, disyaratkan mempunyai nilai rata-rata rapor minimal 75.00 sejak semester I sampai semester V. Khusus pilihan Farmasi, selain syarat di atas, nilai rata-rata mata pelajaran IPA dan Matematika minimal 75.00.
      Sementara itu jalur minat dan bakat diperuntukkan untuk siswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni, karya ilmiah atau keagamaan minimal di tingkat Kota atau Kabupaten yang dibuktikan dengan piagam penghargaan atau sertifikat. Namun, jalur ini tidak diperuntukkan untuk program studi Farmasi.
      Semua beasiswa di atas bisa diraih sejak awal kuliah. Sedangkan beasiswa yang diberikan ketika sudah menjalani studi lebih banyak lagi. Mulai dari beasiswa Yayasan Supersemar, BBM, PPA, Djarum Bakti Pendidikan, hingga pertukaran mahasiswa ke Eropa dan berbagai Negara lainnya.
      Untuk mendapatkan petunjuk dan formulir pendaftaran, Ermanu menyarankan agar calon mahasiswa melihat langsung dan mendaftar secara online di http://pmb.umm.ac.id. “Jika ingin info lebih lanjut bisa langsung datang ke UPT-PMB UMM,” lanjut Ermanu. (ger/zul/han/nas)

Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image