Tiga Nama Bersaing Jadi Rektor UMM

Author : Administrator | Thursday, December 31, 2015 13:38 WIB | Wawasan -

BATU– Senat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengajukan tiga nama untuk dipilih sebagai rektor UMM menggantikan Muhadjir Effendy yang akan mengakhiri masa jabatannya pada awal tahun depan. 

Ketiga nama terpilih sebagai calon rektor dalam Pemilihan Rektor (Pilrek) UMM yang digelar di Gedung Rektorat kemarin, yakni Drs Fauzan MPd, Dr Nazaruddin Malik MM, dan Prof Dr Ir Sujono Mkes. Ketiga nama tersebut terpilih dari rapat senat, setelah sebelumnya terjaring 17 nama yang diajukan sebagai calon rektor dari seleksi tingkat fakultas. Proses pemilihan calon rektor UMM diikuti 26 anggota senat dan dipimpin Rektor UMM Muhadjir Effendy. 

Dari ketiga nama yang terpilih, Fauzan memperoleh dukungan terbanyak dengan 20 suara, disusul Nazaruddin Malik meraih 17 suara, dan Sujono mendapatkan 15 suara. Selanjutnya ketiga nama terpilih akan diajukan ke Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur untuk dimintakan rekomendasi ke Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. 

Proses pemilihan berlangsung cepat, yakni kurang dari dua jam dan disaksikan langsung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Malang Raya, dan Badan Pembina UMM. Hadir pula fungsionaris mahasiswa dari kalangan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UMM. 

“Sebelumnya raihan suara Pak Sujono dan Prof Ishomuddin sama sehingga dilakukan pemilihan ulang untuk posisi ke-3 ini,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor (Pilrek) UMM, Sudarman, kemarin. Sudarman menjelaskan, saat ini Fauzan menduduki jabatan Pembantu Rektor II. 

Sebelumnya, dia pernah menjabat Dekan FKIP dan Kepala Biro Kemahasiswaan, Kepala Biro Umum, dan pernah menjabat sekretaris universitas. Sedangkan Nazaruddin saat ini menjabat Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kemudian Sujono menjabat Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor I dan Dekan Fakultas Peternakan. 

“Proses seleksi di tingkat fakultas berlangsung terbuka dan demokratis,” katanya. Ketua Badan Pembina UMM Prof Dr HA Malik Fadjar mengatakan, kehadiran pengurus Muhammadiyah dalam Pilrek ini membuktikan bahwa UMM tidak terpisahkan dari gerak langkah Muhammadiyah. “UMM ini sudah pasti dilihat orang luar. 

Oleh karena itu harus selalu menunjukkan kekompakan, keharmonisan, sebagai bagian tak terpisahkan dari Muhammadiyah,” kata Malik. Rektor UMM Muhadjir Effendy menambahkan, ketiga calon rektor UMM selanjutnya akan diajukan ke PWM Jawa Timur untuk dimintakan rekomendasi ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Setelah itu, akan ada rapat pleno pada Rabu depan. “Rektor yang terpilih nantinya akan bertugas untuk masa bakti 2016 hingga 2020,” kata Muhadjir. Ketua PWM Jatim Dr Saad Ibrahim MA mengatakan, Muhammadiyah memiliki tradisi demokrasi yang sangat baik. “Ketiga calon rektor UMM merupakan putra terbaik bangsa. PWM Jatim senantiasa akan terus bekerja sama dengan siapa saja yang terpilih,” katanya.

من المقطوع: http://www.koran-sindo.com/news.php?r=6&n=45&date=2015-12-31
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image