Mahasiswa UMM Ajak Anak-anak SD Melek Media

Author : Administrator | Friday, August 05, 2016 08:44 WIB | Surya -

Suasana sosialisasi melek media di SDN Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jumat (5/8/2016). 

SURYAMALANG.COM, JABUNG - Divisi sosial budaya dari kelompok KKN 36 mahasiswa Universitas MuhammadiyahMalang (UMM) mengajak siswa kelas V SDN Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang untuk melek media, Jumat (5/8/2016).

 

Dari dialog yang dilakukan mahasiswa, ternyata para siswa SD itu gemar nonton sinetron di TV.

"Acara TV apa yang kalian suka tonton?" tanya Ira Yulia Astutik, pemateri yang juga humas KKN 36 dalam kegiatan itu. Mereka menjawab sinetron.

Mayoritas siswa SD menjawab mereka menyukai sinetron Anak Jalanan. Alasan mereka menyukai sinetron itu beragam. Ada yang menjawab karena pemerannya ganteng, karena sinetronnya bagus, ada balapan serta karena ada tokohnya yang rajin salat.

"Ya gak papa. Kalau misalnya di sinetron itu ada yang baik, silahkan ditiru. Kalau gak baik, jangan ditiru ya?" pinta Ira ke mereka. Mereka menjawab iya, kak.

Menurut Ira, sebaiknya sejak dini anak sudah melek media. Sehingga mereka bisa memilih tayangan TV yang baik dan sesuai dengan usia mereka. Setelah mendapat sosialisasi ini, Prita, siswa kelas itu jadi mengerti manfaatnya.

“Saya jadi mengerti sekarang. Kalau nonton sinetron, perilaku yang buruk jangan ditiru. Misalkan berantem, ngebut di jalan karena itu tidak baik,“ tuturnya.

Divisi sosial budaya terdiri dari Salva, Mada, Afan, Sherla, dan Ira. Mereka merasa senang karena kegiatan mereka disambut antusias siswa.

"Harapannya ke depan siswa tidak mencontoh lagi perilaku-perilaku buruk yang ada di televisi, dan lebih memilih tayangan yang sesuai dengan usianya," tambah Ira.

Dengan begitu, mereka tidak mencerna mentah-mentah apa yang disajikan di media. Peran orangtua juga diperlukan agar bisa mengawasi tayangan TV yang ditonton anaknya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: fatkhulalami
من المقطوع: http://suryamalang.tribunnews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image