HMI Fisipol UMM Pentaskan Kolaborasi Budaya Berbagai Daerah di Ajang Culturenite

Author : Administrator | Tuesday, April 19, 2016 12:23 WIB | Surya -

Selasa, 19 April 2016 12:23

HMI Fisipol UMM Pentaskan Kolaborasi Budaya Berbagai Daerah di Ajang Culturenite
HMI Fisip UMM
GRATIS UNTUK UMUM - CULTURENITE akan digelar Minggu, 24 April 2016, bertempat di Brawijaya Edupark, Kota Malang.

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Keanekaragaman seni, budaya yang dimiliki tiap-tiap daerah menjadi kekuatan pemersatu nusantara.

Itulah salah satu tujuan perhelatan Culturenite Kolaborasi Budaya yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat FISIPOL Universitas Muhammadiyah Malang (HMI Fisipol UMM) dan didukung SURYAMALANG.com, Minggu, 24 April 2016 di Brawijaya Edupark.

Ketua Umum HMI Komisariat ISIP UMM, Astriadi Alimuddin Zainal, mengatakan pentas kolaborasi budaya akan menyuguhkan kesenian daerah oleh Organisasi Mahasiswa Daerah yang ada di Malang.

"Sebagai entitas bangsa, organisasi mahasiswa daerah memiliki tanggung jawab untuk tidak sekadar melestarikan warisan nenek moyangnya. Namun, juga turut terus mempromosikan kesenian dari daerahnya masing-masing sebagai wujud kontribusi nyata menjaga nusantara," kata Adi sapaan akrab Astriadi A Zainal di Malang, Senin (18/04/2016).

Adi mengatakan, organisasi mahasiswa daerah yang akan pentas pada kolaborasi budaya meliputi; Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Halmahera Tengah, Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Riau, Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (IKAMI SULSEL).

Kemudian, Ikatan Pelajar Mahasiswa Fak-fak (IPMAFA) Papua Barat, Aliansi Mahasiswa Muslim Maluku (Al-Mulk), Forum Intelektual Nuhu Evav Malang (FINE MALANG) Maluku, Ikatan Mahasiswa Maluku Utara Malang (IPMAMUM), dan Keluarga Mahasiswa Nusa Tenggara Barat.

“Mereka akan mementaskan tari daerah, dan musik daerah,” ucap dia.

Adi menuturkan, seni tari sangat berhubungan dengan keadaan masyarakat dan budaya setempat. Oleh karenanya, fungsi peranan, dan jenis-jenisnya pun sangat berhubungan dengan masyarakat dan budaya setempat.

“Seni tari juga memiliki banyak fungsi dan peran, yakni sebagai sarana upacara, hiburan, media pergaulan, penyaluran terapi, media pendidikan, pertunjukkan dan media katarsis,” bebernya.

Culturenite Kolaborasi Budaya juga akan menyuguhkan orasi kebudayaan oleh budayawan Dr. Mohammad Sobary, Stand Up Comedy, pembacaan puisi, pementasan teater, pentas Komunitas Hijab Indonesia, musik akustik, komunitas chete, dan masih banyak lagi.

Editor: musahadah
Sumber:

 


 

 


من المقطوع: http://suryamalang.tribunnews.com
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image