Dikti Umumkan 50 PT Berprospek Cerah

Author : Administrator | Friday, August 31, 2007 15:05 WIB | Suara Merdeka -

Magelang, CyberNews. Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional mengumumkan 50 perguruan tinggi (PT) yang dinilai memiliki prospek cerah. Ada 28 PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan 12 PTS (Perguruan Tinggi Swasta).

"Tiga PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) masuk daftar itu, masing-masing Universitas Muhamamdiyah Surakarta, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah Malang," kata Dr Chairil Anwar, Sekjen Dikti, PP Muhamamdiyah, Jumat (31/8). Acara ini dibuka Rektor UMM Prof Dr H Achmadi.

Kriteria yang digunakan untuk menentukan 50 PT (Perguruan Tinggi) dinilai belum jelas. Karenanya beberapa PT baik negeri maupun swasta agar keberatan terhadap daftar itu. Universitas besar seperti Hasanudin Makasar dan Universitas Islam Indonesia (Yogyakarta) tidak masuk dalam daftar itu.

"Jika yang diacu adalah cara pemeringkatan seperti pada THES (Times Higher Rducation Supplemen yang dilakukan terhadap ribuan PT dunia, atau yang sebelumnya Majalah Asiaweek, kita akan memberikan apresiasi yang tinggi pada Dikti Diknas," katanya.

Menurut dia, cara pemeringkatan terbaru berbasis web atau internet. Seberapa kerap sivitas akademika suatu PT berkomunikasi melalui web. Dalam daftar 100 terbaik Asia versi webometric 2007, nomor 1 Universitas Tokyo Jepang.

Dari Indonesia hanya UGM Yogyakarta, menempati peringkat 95 atau naik lima tingkat dari posisi tahun lalu.

"Universitas Muhamamdiyah Magelang perlu berperan serta untuk aktif dalam pemeringkatan yang dilakukan Dikti Diknas. Pemberdayaan jurusan informatika Fakukltas Teknik perlu terus dilakukan," katanya, dalam Orasi Ilmiah Milad ke 43 PTM itu.

Chairil Anwar mengungkapkan, UMM menerima hibah kompetisi institusi Rp 6 miliar selama tiga tahun. Dana itu bisa untuk memajukan dan membesarkan PTM. "Secara rutin UMM mendapat bantuan dari Pemkot dan Pemkab Magelang serta Pemprov Jateng," katanya.

Ia mengingatkan pentingnya memberikan dorongan dan keleluasaan dosen yang kreatif dan inovatif untuk melakukan terobosan menembus peluang sumber dana.

"Stabilitas institusi sangat penting sehingga dapat bekerja maksimal dan berkonsentrasi untuk kemajuan, selanjutnya PT akan tumbuh dan mendapat kepercayaan dari masyarakat.Bukan utopia lima tahun ke depan jumlah mahasiswa UMM 7.500 orang atau 2 kali lipat dari jumlah mahasiswa sekarang," katanya.

Ke depan Majelis Diktilitbang PP Muhamamdiyah, akan mengevaluasi dan mengembangkan lebih serius mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).( tuhu prihantoro/Cn08 )

من المقطوع: http://www.suaramerdeka.com/cybernews/harian/0708/31/dar6.htm
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image