UMM Kembangkan Maleo-phone

Author : Administrator | Thursday, September 11, 2008 02:59 WIB | Koran Tempo -

MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tengah mengembangkan sistem operasi baru untuk telepon seluler yang diberi nama Maleo-phone. Teknologi ini diharapkan memiliki sistem operasi yang lebih baik dan murah.

 

"Dosen atau mahasiswa bisa memanfaatkan (Maleo-phone) untuk kepentingan studinya," kata Ketua Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang, Eko Budi Cahyono kemarin.

 

Dengan menggandeng PT IOSOF Surabaya, Maleo-phone dikembangkan khusus oleh Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, UMM. Produk ini menawarkan aplikasi jejaring pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk kepentingan pendidikan. Model jaringan yang dipakai adalah jaringan yang dipakai dalam sistem operasi Friendster atau Facebook. Bedanya, jika Friendster atau Facebook dipakai di Internet, Maleo-phone digunakan di telepon seluler.

 

Dalam sistemnya, Maleo-phone memiliki tiga kategori, yakni Multimedia, Bisnis, dan Ultra-Mobile Personal Computer. Produk yang sedang dalam taraf uji coba ini akan dijual ke produsen telepon seluler untuk kepentingan komersial. "Sistem ini lebih murah dan menawarkan sistem baru," ujar Eko Budi Cahyono. Bibin Bintariadi

من المقطوع: http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2008/09/11/Berita_Utama_-_Jatim/krn.20080911.142056.id.html
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image


Shared: