'Tolak' Cipika-cipiki Jokowi, PDIP: Depan dan Belakang Prabowo Berbeda

Author : Administrator | Tuesday, June 17, 2014 13:30 WIB | Detik News -

Ferdinan - detikNews

Tolak Cipika-cipiki Jokowi, PDIP: Depan dan Belakang Prabowo Berbeda

Malang - PDI Perjuangan menyindir sikap Prabowo Subianto yang menolak memberi salam menempelkan pipi dari Joko Widodo saat menunggu dimulainya debat capres Minggu (15/6). Prabowo dinilai melakukan pencitraan karena di atas panggung debat malah menunjukkan kemesraannya dengan Jokowi.

"Itu menunjukkan bahwa halaman depan dan halaman belakang Pak Prabowo berbeda," kata Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela peresmian RS Universitas Muhammadiyah Malang, Jatim, Selasa (17/6/2014).

Hasto menyesalkan sikap Prabowo yang bisa merenggangkan hubungan meski keduanya bersaing dalam Pilpres. "Karena menganggap Pak Jokowi sebagai rival maka hal-hal yang sebenarnya persahabatan yang disampaikan Pak Jokowi ditolak, bawah sadarnya menolak," imbuhnya.

Namun sikap berbeda ditunjukkan Prabowosaat berada di atas panggung debat di Gran Melia, Jaksel. Prabowo menurut Hasto sengaja tampil ramah dengan Jokowi agar mendapat simpati publik.

"Ketika di atas panggung dia kan harus menampilkan sebagai sosok yang seolah-olah bersahabat, sosok yang bukan lagi seorang panglima perang yang biasa mengoperasikan tim-tim khusus. Tapi dia harus menampilkan sosok kenegarawanan maka itu sebagau bukti bahwa polesan terhadap tampilan itu terbukti," tutur Hasto.

Video Prabowo menolak ajakan cipika-cipiki dari Jokowi muncul Youtube dan sudah ditonton ribuan orang.

Video tersebut beredar luas di Youtube sejak Senin (16/6) kemarin. Banyak pihak yang mengunggah video cuplikan dari Metro TV tersebut di situs berbagi video tersebut. Metro TV adalah pihak yang ditunjuk KPU sebagai penyelenggara debat capres putaran dua pada Minggu (15/6) malam dan menayangkan situasi di ruangan tempat kedua capres berkumpul.

Salah satu yang mencuplik video itu di Youtube adalah channel 'Jokowi'. Dalam video berdurasi sekitar 57 detik ini tampak jelas situasi saat kedua capres baru memasuki ruang persiapan debat capres yang tidak bisa diakses sembarang orang, di Hotel Gran Melia, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Jokowi yang datang duluan langsung menyalami Ketua KPU Husni Kamil Manik dan komisioner lainnya. Tak lama kemudian Prabowo datang, Jokowi pun menyalami Prabowo dan bergestur seperti menawarkan cipika-cipiki dengan mencondongkan tubuhnya, namun Prabowo tidak merespons. Prabowo hanya melayani salaman Jokowi, lalu berpindah menyalami komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Jusuf Kalla, dan lainnya.

Situasi ini berbeda saat Prabowo dan Jokowi diundang ke atas panggung debat. Prabowo langsung menyalami Jokowi dan cipika-cipiki. Bahkan saat Prabowo sepakat dengan ide Jokowi tentang ekonomi kreatif, Prabowo datang menyalami Jokowi dan lagi-lagi cipika-cipiki.

من المقطوع: http://news.detik.com/read/2014/06/17/133052/2610434/1562/tolak-cipika-cipiki-jokowi-pdip-depan-dan-belakang-prabowo-berbeda
Shared:

Comment

Add New Comment


characters left

CAPTCHA Image